10 Tips Memilih Kulkas Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Write By: AnonymousFox Published In: Refrigerator tips Created Date: 2015-03-26 Hits: 551

Kebutuhan akan lemari es atau biasa disebut ‘kulkas’ dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Mulai dari kalangan bawah hingga atas sebagian besar tidak bisa terlepas dari teknologi produkan zaman modern ini. Maka perlu menjadi perhatian penting bagi kita semua bahwa terdapat banyak sekali produk kulkas yang bertebaran di pasar elektronik saat ini. Sehingga, memaksa kita untuk lebih kritis dan cerdas dalam memilih kulkas mana yang sesuai dengan harapan. Untuk menghindari hal tersebut, maka terdapat kiat-kiat yang bisa kita terapkan terkait memilih kulkas yang tepat, sebagaimana yang terlampir pada ulasan di bawah ini.

 

1. Volume

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah masalah kapasitas atau volume ruang kulkas. Pilihlah kulkas yang memiliki volume penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Ada baiknya memilih kulkas dengan kapasitas yang besar. Sehingga apabila di kemudian hari kebutuhan kita meningkat, maka tidak perlu lagi membeli kulkas yang baru. Namun, kita juga harus mempertimbangkan masalah anggaran dana yang tersedia. Jangan memaksakan hal tersebut apabila anggaran tidak mencukupi.

2. Dimensi

Boleh saja membeli kulkas dengan volume yang besar. Namun, perlu diperhatikan juga masalah ruang atau dapur tempat meletakkan kulkas tersebut. Semakin besar volume ruang kulkas, maka semakin besar juga dimensi kulkas selurunya. Jangan sampai ruangan yang ada sempit lalu diletakkan kulkas berukuran jumbo. Tentu akan merusak tata interior rumah Anda, dan buruknya lagi akan membuat rumah Anda semakin sesak.

3. Desain

Untuk yang satu ini, tentu sudah menjadi tolak ukur belanja sejak dulu. Dan semua kembali kepada Anda. Pilih kulkas dengan tampilan desain sesuai selera dan kepuasan Anda masing-masing. Jangan pernah tergoda dengan tawaran toko yang menawarkan kulkas diluar selera Anda. Karena akan membuat Anda kecewa diakhir transaksi.

4. Kualitas dan Mutu

Percuma saja punya kulkas bagus, tapi bodinya mudah berkarat, engsel pintunya mudah rusak, apalagi mesinnya cepat bobrok. Sangat dianjurkan memilih kulkas yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan ternama dan terkenal kualitas produknya. Hal tersebut akan sangat meminimalisir terjadinya kerugian yang besar bagi kita. Disamping itu, teliti bahan dan material yang digunakan pada seluruh bodi kulkas. Saat ini bahan yang cukup mapan dan kokoh adalah Pre Coated Material (PCM). Kelebihan bahan ini adalah daya tahannya terhadap karat, anti gores, kuat, serta memiliki kontur yang apik dan mengkilap. Atau bisa juga memilih kulkas dengan bahan bodi jenis lain, asalkan kualitas dan mutunya tidak terlepas dari antikarat, antigores, kokoh, dan seterusnya.

Kemudian, perhatikan juga apakah pintu kulkas dapat menutup dengan sangat rapat atau renggang. Lalu cek juga bagian kaki penopang kulkas dan engsel pintu. Anda harus jeli dalam mempertimbangkan masalah bahan atau material dari bagian-bagian tersebut. Karena apabila bagian tersebut rusak, maka kulkas tidak akan layak lagi digunakan meskipun mesin pendinginnya masih bagus sekalipun.

5. Teknologi Pendingin

Umumnya, kulkas yang dijual di pasaran masing-masing memiliki label berupa gambar ‘bintang’. Label tersebut bisa Anda lihat di bagian kanan atas pada pintu kulkas. Ada kulkas dengan gambar bintang berjumlah 3 buah, dan ada yang mencapai 5 buah. Jumlah tersebut memiliki definisi yang khusus terhadap teknologi pendingin yang diusung oleh kulkas terkait. Untuk kulkas dengan label 3 bintang, maka menunjukkan bahwa kemampuan pendingin yang ditawarkan sebesar -150°C. Sedangkan untuk kulkas berlabel 5 bintang menyatakan bahwa suhu maksimum yang mampu dihasilkan mencapai angka -210°C. Perbedaan yang cukup jauh, bukan. Biasanya kulkas berlabel 3 bintang banyak dimiliki oleh merk-merk lokal Indonesia. Sementara 5 bintang kebanyakan menempel pada pintu-pintu kulkas bermerk asal Eropa.

6. Fitur Pendingin

Setiap kulkas memiliki fitur pendinginnya masing-masing. Namun, fitur utama yang wajib ada adalah ‘multi air flow’. Kulkas yang menawarkan fitur ini memiliki kemampuan untuk mendinginkan suhu secara merata ke seluruh bagian ruang kulkas. Sehingga, tidak ada bagian yang suhunya sangat dingin sementara bagian lainnya tidak terlalu dingin.

7. Fitur Wadah

Pertimbangkan masalah fitur wadah yang terpasang pada seluruh bagian ruang kulkas. Seperti rak telur harus ada lubangnya, wadah daging dan ikan harus terpisah dari wadah makanan lain, wadah buah-buahan tidak diberi lubang untuk menjaga kesegarannya, tempat penyimpanan sayur-mayur harus memiliki lubang sebagai sirkulasi udara dan suhu agar kesegarannya lebih terjaga, rak-rak makanan dan minuman harus yang bisa distel supaya mudah dalam penggunaan fungsinya. Sementara pada wadah pembuangan yang berada dibagian belakang bodi kulkas harus memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga air bisa lebih mudah dan cepat dalam menguap.

8. Konsumsi Listrik

Saat ini telah banyak produk kulkas yang menawarkan teknologi pendingin hemat energi. Hal tersebut sangat penting bagi kesehatan ekonomi keluarga Anda agar pengeluaran bisa lebih hemat dan terjangkau. Jadikanlah pertimbangan ini sebagai salah satu prioritas tolak ukur Anda!

9. Harga

Bicara soal harga mungkin terbilang relatif. Karena masing-masing memiliki kemampuan anggaran berbeda. Intinya, pilih kulkas dengan harga yang sesuai kemampuan dompet Anda. Jangan memaksakan untuk membeli kulkas mewah yang mahal, sementara anggaran yang tersedia tidak memungkinkan. Hal tersebut sangat beresiko bagi kesehatan ekonomi Anda.

10. Garansi

Perlu menjadi prioritas utama bagi setiap konsumen untuk memilih kulkas dengan garansi yang resmi dan memadai. Garansi sangat penting dalam meminimalisir terjadinya kerugian ketika kulkas yang dibeli mengalami kerusakan, khususnya pada bagian mesin. Jadi, catat baik-baik kiat yang terakhir ini, demi kepuasan dan kenyaman Anda pribadi.

sumber

Tags:

Bervin Useful Innovation © 2019