Cara membuat "kulkas" tanpa listrik

Write By: Bervin Published In: How To Created Date: 2017-06-09 Hits: 4854

Alat ini diciptakan oleh Mohammad Bah Abba dari Nigeria pada tahun 1995 dan mendapat Rolex Laureate (penghargaan Rolex di bidang enterprise) senilai $100.000 atau sekitar 1 milyar rupiah pada tahun 2000. Alat yang luar biasa berguna sekaligus luar biasa sederhana ini telah dipakai secara luas di afrika dan bisa dibilang kini menyelamatkan hidup banyak orang dengan memperkenalkan sistem pengawetan makanan yang murah dan sederhana (dan memberi mereka minuman dingin). Prinsip pendinginannya sederhana, yaitu memanfaatkan proses penguapan untuk mengambil kalor/panas sehingga membuat temperatur jadi rendah. Metode ini efektif untuk daerah kering. Kalau daerahnya lembab, proses penguapan sulit terjadi karena kandungan air di udaranya tinggi.

​Cara Membuat

1​. Gunakan dua buah pot ataupun tempat penyimpanan apapun yang terbuat dari clay atau tanah liat dengan dua ukuran berbeda, (Pastikan tempat penimpanan makanan kita dapat ditampung oleh wdah yang kedua.
Wadah tidak boleh memiliki lubang pada bagian bawahnya.

2. Isi bagian dalam peyimpanan besar dengan pasir, yang cukup untuk menutupi dasar dari wadah penyimpanan.

3. Masukan wadah penyimpanan kecil, lalu masukan pasir kedalam rongga yang ada pada kedua wadah
(anda dapat melihat gambar pada deskripsi diatas sebagai referensi.)

4. Siram pasir dengan air, inilah kenapa kita tidak boleh mengunakan wadah yang memiliki lubang pada bagian bawahnya, karena jika air masuk kedalah wadah yang kecil, hal ini tidak akan membuat Zeer kita menjadi dingin.

5. Tutup atas dari zheer kita dengan kain yang telah kita basahi air. setelah itu kita dapat juga menggunakn tutup lid untuk mencegah udara dalam zeer keluar

 

Sumber : kaskus & wikihow
​Sumber gambar modernbushman


Bervin Useful Innovation © 2019