Kurangi dampak buruk menonton TV terhadap anak

Write By: Bervin Published In: Tips & Trick Created Date: 2015-04-02 Hits: 684

Menonton TV menjadi hal biasa sehari-hari. Bagi anak, menonton TV bermanfaat untuk meningkatkan kosakata anak, menambah wawasan dari hal-hal baru, meningkatkan minat, dan menciptakan kebersamaan bersama keluarga jika menonton bersama.

Namun, jika anak menonton TV secara berlebihan akan berdampak buruk seperti mengurangi daya konsentrasi dan membuat anak menjadi terlalu konsumtif karena mengurangi waktu anak melakukan kegiatan lain yang lebih aktif.

 

 

Kebiasaan yang tidak baik seperti menonton TV sambil makan jika berlebihan akan membuat anak mengalami obesitas dan jika menonton dengan jarak terlalu dekat atau menonton TV dengan posisi yang salah akan sangat berdampak buruk terhadap kesehatan mata.

berikut ini beberapa tips yang akan kami berikan agar anda dapat menghindari dampak buruk menonton acara tv

1. Dampingi Anak Saat Menonton Tv 

Jaga anak untuk tidak salah dalam menonton Acara TV. Biasakan untuk mengatur jadwal menonton TV yang disesuaikan dengan acara pilihan. Tempatkan TV di ruang keluarga agar lebih terpantau oleh orang tua.

2. Usahakan Untuk Membiasakan Anak Kita Aktif

Sebagai orang tua sebaiknya kita mengajak anak kita bermain melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak pergerakan, misalnya bermain kejar kejaran ataupun hal lain.
selain karena itu dapat menjauhkan atau mengurangi intensitas dari anak kita menonton tv itu juga dapat mempererat hubunga antara anak dan orang tua, serta berdampak positif bagi anak kita

3. Jika harus meningalkan anak menonton tv pastikan memilih chanel yang baik bagi anak kita

Saat kita memang harus meninggalkan anak kita tanpa pengawasan saat menonton tv, pastikan chanel yang anak kita tonton aman bagi si kecil, jangan sampai anak kita menonton hal yang berbau kekerasan dll.

Tags: anak tv menonton

Bervin Useful Innovation © 2019